Apabila Kurus Menjadi Masalah Anda..???


















MENUJU INDONESIA SEHAT…………


Bila kurus itu bermasalah?

Kebanyakan orang pusing dengan masalah kegemukan, tidak jarang juga yang cuek dengan masalah berat badan. Tapi jangan salah, orang kurus juga cukup putus asa (orang tertentu) “Ada apa dengan tubuhku? (kok kurus melulu, padahal makannya kuat)”. Hohohohohohoho ;)

Nah, dalam tulisan ini akan diisi dengan sedikit tips buat orang “kerenpenk”, orang kurus susah gemuk atau “kok tidak mau gemuk sih, padahal….” *tanpa obat lhooooo………*

*hubungan dengan farmasi : terapi non-farmakologi………….no drugs in here….*

Berikut sedikit tips buat menggemukkan badan: (orang yang merasa gemuk, perhatikan juga ya…) :))

1. Olahraga yang Teratur (jangan cuma baca komik!!!!)
Siapa bilang olahraga tidak mampu menaikkan berat badan? Mengapa? Karena olahraga selain membuat tubuh sehat, juga mampu memadatkan (seksi gitu lohh…) otot-otot tubuh sehingga secara logika (semoga benar) tubuh akan memiliki bobot yang cukup stabil dan bila ada masukan kalori yang berlebih (atau asupan protein/lemak) maka dengan sendiri bobot atau berat tubuh akan bertambah. Tapi, sekali saja kita malas……. Hanya ada dua (yang kutahu sih) yang bakal terjadi, anda obesitas atau kurus kembali (kerenpenk!!).

2. Minum susu
Siapa yang di sini benci minum susu??? (saya, saya, *tunjuk jari*, saya suka susu rasa vanila, hahahahah)
Susu kaya protein, lemak, kalsium dan banyak manfaat lainnya. Tentunya dengan minum susu secara teratur, niscaya akan membantu program “penggemukan” tubuh anda. Tapi jangan susu yang “low fat”, kurang nantinya, malah tidak sesuai harapan. Khusus yang sama sekali tidak dapat minum susu, apa boleh buat….. Ah, susu kedelai aja, siapa mau???

3. Kunyah makanan (dengan tenang) (efek samping : pegal di bagian otot rahang, perlu waktu)
Nah, ini dia…….(jadi teringat teman saya yang super duper cepat makannya….*dia cuma perlu 10 menit kurang untuk porsi besar nasi goreng ikan asin*
Mengapa perlu mengunyah makanan? Terutama dan sebisa mungkin sehalus yang bisa. *kalau bisa minimal 30x kunyah, WAW* Alasannya, dengan mengunyah anda mampu mencegah penyakit lambung (seperti maag) karena makanan sudah sangat halus sehingga mudah dalam proses lanjutannya. Kemudian mengurangi frekuensi “sangkut” atau “tersedak” atau “tertahan” di tenggorokan (sebab sudah tercampur merata dengan air liur). Terus juga, buat yang mau gemuk, makanan tadi jadi lebih cepat dan mudah diserap oleh usus. YEEE…..

4. Makan dengan teratur
SANGAT PENTING!!!! Terutama jika anda ingin “tidak dibilang *ceking*”, serta mencegah penyakit lambung. Selalu dan pastikan sarapan di pagi hari (walau cuma “nasi kucing”, heee) dan jangan lupa makan siang serta makan malam pada waktunya. Plus makan makanan yang bergizi, dengan sayuran tentunya.

5. Jenis makanan
Ini juga PENTING!!!! Sesuaikan dengann jenis aktivitas kamu. Bila kamu “hiperaktif” *suka bergerak dan susah diam* maka perbanyaklah makan yang mengandung karbohidrat dan atau lemak. Kalau kelebihan, bakal disimpan, beda dengan protein, tidak terpakai, dibuang saja deh oleh tubuh……

6. Periksa kesehatan anda (khusus)
Tidak KALAH juga nih. Cek kesehatan. Mungkin  ada sesuatu yang salah dengan tubuh kamu. Siapa tahu, CACINGAN!!!! hiiiiiii (serius lhooo)

Ah, kalau mau coba, minum jamu BERAS KENCUR (menambah nafsu makan lhooo), sari temulawak juga bisa, tapi tanpa kunyit (efeknya berlawanan)………(pengalaman sendiri) heheheheheh. Cemilan emping belinjo juga dikurangi, katanya bisa membuat kurus (entah benar atau tidak, kata orang juga).

Pesan: Jangan lupa cuci tangan anda SEBELUM makan, yang bersih. Minum obat cacing “jika perlu”. Stop obat pencahar. Tidak ada yang instan. Kalau tidak kuat makan banyak, makan secukupnya tapi sering. Kurangi makan cemilan, tidak  baik buat yang mau gemuk atau yang mau kurus. Sehabis makan jangan langsung berbaring, perut bakal tidak nyaman. Buang air besar juga teratur.  Dan satu lagi, KURANGI STRESS!!!!!!!! Keep it easy, fren.

——-maaf jika terlalu jelek——–tolong masukan, kritik, plus-plus yang membantu——-terutama kalau ada salah–

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKPER INTAN MARTAPURA

ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KLIEN FRAKTUR RADIUS

ASUHAN KEPERAWATAN LOW BACK PAIN